Tips Menjual Pulsa Untuk Pemula

Tips Menjual Pulsa Untuk Pemula

Tips Menjual Pulsa Untuk Pemula ~  Anda cara jualan pulsa yang menghasilkan untung besar? Sekarang ini kios atau orang yang menjual pulsa memang mudah ditemui. Hal ini tentunya membuat pesaing semakin banyak sehingga persaingan semakin ketat.

Tapi bukan berarti Anda yang masih pemula tidak memiliki peluang pada bisnis ini. Apalagi pulsa sudah jadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Tentunya hal ini akan memudahkan dalam menemukan market Anda sendiri. Dengan menggunakan cara dan strategi yang tepat, pemula juga bisa meraup banyak keuntungan.

Tips Menjual Pulsa untuk Pemula

Untuk pemula yang baru pertama kali terjun pada bisnis ini tentu masih kebingungan. Namun tidak perlu khawatir karena bisnis jualan pulsa sebenarnya sangat mudah. Mungkin Anda akan merasa bingung di awal-awal saja. Setelah Anda sudah mulai mengerti sistemnya. Ternyata cara jualan pulsa sangatlah mudah. Baca Juga : Cara Jualan Menjalankan Sistem di HP anda

Tips Menjual Pulsa Untuk Pemula

Untuk Anda para pemula, berikut ini cara memulai bisnis jualan pulsa:

  1. Pilih Server Pulsa

Saat mencari server pulsa Anda pasti akan cenderung memilih server yang menawarkan harga murah. Hal ini wajar saja karena yang namanya jualan tentu ingin memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Tetapi pastikan server pulsa murah tersebut juga harus bisa dipercaya. Tapi jangan hanya mengejar murahnya saja. Lebih baik cari server pulsa yang memiliki kecepatan dan transaksi yang cepat. Apalagi sekarang ini hampir semua server pulsa selisih harganya tidak terlalu jauh.

Selain itu, akan lebih baik jika Anda memilih server pulsa yang tidak hanya murah dan terpercaya namun juga memiliki produk lengkap, layanan untuk komplain, banyak nomor SMS center dan juga web report. Sehingga memungkinkan Anda untuk melayani setiap pembeli karena menyediakan pulsa all operator.

Server pulsa yang terdapat layanan untuk komplain juga sangat penting. Terutama saat terjadi trouble pada jaringan karena akan mengganggu kenyamanan Anda dalam bertransaksi dengan pembeli.

  1. Pengisian Saldo

Setelah Anda menjadi agen, Tips Menjual Pulsa yang selanjutnya adalah melakukan pengisian saldo. Besar saldo yang diisi dapat disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Jadi Anda tidak perlu mengumpulkan banyak dana terlebih dahulu jika ingin mengisi saldo. Saldo ini perlu rutin Anda isi karena saldo tersebut akan semakin berkurang seiring dengan kegiatan jual beli pulsa yang dilakukan.

Tapi meskipun Anda bisa memulainya dengan modal sangat kecil. Sebaiknya di awal merintis usaha pulsa akan lebih mudah jika Anda menentukan terlebih dahulu modal awal untuk jualan pulsa. Misalnya Anda menggunakan modal Rp 500 ribu. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis Anda ini.

Disamping itu, jangan campur adukan modal dengan uang pribadi. Karena bisa saja modal yang Anda miliki malah digunakan untuk keperluan pribadi. Untuk awal-awal berjualan, lebih baik Anda fokus untuk mengembangkan modal Anda. Ketika sudah meraih keuntungan, gunakan untuk membeli saldo agar modal Anda semakin banyak.

  1. Tentukan Harga Jual

Sebelum menentukan harga jual pulsa, akan lebih baik jika Anda melakukan sedikit survei. Ini bertujuan untuk mengetahui harga di pasaran sehingga harga jual pulsa Anda sesuai. Karena harga jual juga mempengaruhi penjualan sebab konsumen juga akan melakukan perbandingan.

Saran saya, jangan Anda menjual pulsa terlalu mahal dibandingkan penjual yang lain. Selisih Rp 500 saja akan membuat pelanggan Anda lari dan memilih membeli ditempat lain. Meskipun pembeli Anda adalah keluarga atau teman Anda sendiri. Yang perlu Anda ketahui, saat ini rata-rata orang yang jualan pulsa memiliki patokan harga yang sama.

  1. Lakukan Promosi

Promosi merupakan hal yang paling penting dalam bisnis apapun termasuk juga jualan pulsa. Pikirkan saja, bagaimana orang ingin membeli kepada Anda jika ia juga tidak mengetahui bahwa Anda sedang jualan. Karena itu, promosi juga harus dilakukan agar banyak orang yang mengetahui bahwa Anda jualan pulsa.

Untuk langkah awal, promosikan jualan Anda pada orang-orang terdekat. Karena merekalah yang nantinya akan berperan dalam mengembangkan bisnis ini. Sebagai contoh Anda menawarkan pulsa pada sepupu. Lama kelamaan dia akan jadi pelanggan tetap Anda mengingat dia akan lebih nyaman membeli pada keluarganya sendiri.

Anda juga bisa meminta bantuannya untuk mempromosikan usaha Anda pada teman-temannya. Namun, biasanya tanpa Anda minta sekalipun. Dia pasti akan mempromosikan jualan Anda pada tetangga dan teman-temannya. Anda juga bisa memasang banner atau spanduk didepan rumah untuk memberi tahu orang-orang bahwa sekarang Anda berjualan pulsa.

Agar bisnis jualan pulsa lancar, Anda harus bisa memanfaatkan semua hal yang dapat membantu jualan Anda. Karena itu, Anda perlu melakukan strategi penjualan untuk memajukan bisnis Anda. Berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan pulsa :

  1. Manfaatkan Sosial Media Sebagai Tempat Promosi

ilustrasi srtategi penjualan pulsaSekarang sudah bukan hal aneh jika mencoba Tips Menjual Pulsa secara online. Pengaruh sosial media sekarang ini memang tidak dapat disangkal lagi. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan jualan pulsa Anda.

Mengingat pengguna sosial yang semakin banyak, tentunya promosi Anda juga menjadi semakin banyak dilihat orang. Promosi ini bisa Anda lakukan melalui akun Twitter, Facebook, Instagram dan media sosial Anda lainnya.

Beritahukan pada mereka bahwa Anda menjual pulsa All operator. Bagi mereka yang benar-benar akrab dan mengenal Anda. Mungkin mereka akan tertarik untuk membeli pulsa pada Anda.

  1. Sediakan Berbagai Layanan Pulsa Terbaik

Menyediakan layanan pulsa lengkap juga merupakan strategi Tips Menjual Pulsa yang cukup efektif. Hal ini untuk menarik perhatian pembeli agar mereka cenderung membeli pulsa pada Anda.

Selain pulsa untuk telepon semua operator, ada baiknya jika Anda juga menyediakan pulsa untuk paket internet. Karena sekarang ini banyak pengguna smartphone yang lebih membutuhkan pulsa paket internet daripada pulsa untuk telepon.

Kalau perlu sediakan juga layanan penjualan token listrik. Meskipun modalnya lumayan besar. Sekarang ini banyak perumahan baru yang menggunakan pulsa listrik daripada tagihan listrik. Sehingga keuntungan yang anda dpatkan akan lebih besar. Namun yang paling penting, berikan pelayanan terbaik agar pelanggan senang membeli pulsa ditempat Anda.

  1. Hindari Kesalahan

Tidak sedikit orang yang berhenti dari bisnis penjualan pulsa karena cara jualan pulsa mereka yang salah. Anda harus sebisa mungkin menghindari kesalahan agar usaha Anda mendapatkan banyak keuntungan. Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Keuntungan melalui Bisnis Anda

Beberapa kesalahan yang harus Anda hindari dalam berjualan pulsa antara lain memberikan harga jual yang mahal. Memang cara ini akan memberikan banyak keuntungan. Tapi sifatnya hanya sementara. Ketika orang lain mengetahui ada penjual yang menawarkan harga lebih murah. Dia akan lebih memilih membeli ditempat lain.

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh para pengusaha pulsa pemula adalah sering mengutangkan pulsa. Terkadang alasannya hanya “tidak enak” karena yang berhutang keluarga atau teman sendiri.

Padahal dengan mengutangkan pulsa sama saja membuat perputaran modal Anda menjadi tidak lancar karena yang seharusnya Anda bisa membeli saldo malah tertunda akibat di hutang.

  1. Buat Pembukuan

Meskipun termasuk usaha modal kecil, jangan biarkan bisnis Anda berjalan tanpa Anda tahu seperti apa perkembangannya. Jadi, ada baiknya Anda membuat pembukuan untuk mengetahui lalu lintas pengeluaran dan pemasukan Anda.

Dengan adanya pembukuan, tentunya akan memudahkan Anda dalam mencatat setiap transaksi pulsa yang Anda lakukan. Anda juga bisa mengetahui berapa keuntungan yang Anda dapatkan baik setiap harinya atau pun dalam satu bulan. Sehingga keuntungan tersebut bisa Anda gunakan entah untuk mengembangkan usaha atau mengambil sedikit untuk keperluan pribadi.

Disamping itu, pembukuan usaha juga memudahkan Anda ketika ada orang yang ngebon atau berhutang pulsa. Sebaiknya Anda memberikan batasan waktu pada mereka. Siapa tahu mereka belum membayar karena lupa sehingga Anda perlu mengingatkan.

  1. Membuka Kios / Konter Pulsa

Membuka kios pulsa menjadi cara paling praktis untuk meningkatkan pendapatan Anda dari bisnis ini. Karena pangsa pasar Anda menjadi lebih luas. Namun, untuk membuka kios atau konter pulsa, Anda harus memperhitungkan dengan matang. Jangan sampai keinginan Anda untuk memperbesar usaha malah berujung pada kerugian.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuka kios / konter pulsa diantaranya memilih tempat strategis untuk berjualan. Carilah tempat jualan di pinggir jalan dimana banyak lalu lalang kendaraan. Cara ini tentu akan memudahkan Anda dalam menggaet pembeli.

Selain itu, perhatikan juga kompetitor Anda. Jika di daerah tersebut sudah banyak konter pulsa, lebih baik Anda mencari tempat lain. Hal ini untuk mengurangi jumlah pesaing Anda sehingga Anda bisa lebih banyak mendapat pelanggan.

Sudah tak terhitung lagi banyaknya tempat yang menjual pulsa sekarang ini. Dengan keuntungannya yang besar, tidak sedikit memang orang yang tertarik menggelutinya. Meskipun Anda baru memulainya sekarang, Anda belum terlambat memilih untuk jualan pulsa. Karena nantinya Anda akan menemukan pelanggan sendiri.

  1. Hanya Membutuhkan Modal Kecil

Jualan pulsa memang tidak membutuhkan banyak modal, bahkan bisa dibilang jika modalnya sangat kecil. Untuk pemula yang baru menjalankan bisnis ini, Anda tidak dituntut memiliki ruko atau konter. Cukup menggunakan handphone dan modal secukupnya untuk mengisi saldo pulsa.

Jika tidak menginginkan handphone pribadi Anda dijadikan fasilitas untuk jualan. Cobalah beli di tempat jual handphone baik didaerah anda atau membelinya secara online. Sebenarnya handphone jadul saja sudah cukup kok untuk dijadikan layanan transaksi jualan Anda. Dengan modal yang kecil ini tentu siapapun dapat memulai bisnis jualan pulsa ini dengan mudah.

  1. Memiliki Resiko yang Rendah

Setiap usaha pasti memiliki sebuah resiko begitu juga dengan jualan pulsa. Namun untuk tingkat resiko jualan pulsa sangat rendah karena jualan pulsa tidak seperti jualan barang yang bisa rusak atau usaha makanan ringan yang bisa kadaluarsa. Produk pulsa tidak akan hancur atau mengalami kerusakan, oleh sebab itu jualan pulsa beresiko rendah.

  1. Tips Menjual Pulsa Sangat Mudah

Jika pada umumnya dalam membangun usaha diperlukan sebuah kemampuan atau keterampilan khusus, dalam bisnis jualan pulsa ini tidak demikian. Cara berjualan pulsa sangat mudah sehingga para pemula bisa dengan cepat mempelajarinya. Anda hanya perlu mengirimkan pulsa ke nomor tujuan dan Anda akan segera mendapatkan bayaran dari hal itu.

  1. Waktu dan Tempat Fleksibel

Untuk jualan pulsa Anda tidak harus menyediakan waktu dan tempat khusus. Tidak masalah jika Anda memiliki aktivitas yang sangat padat dan sering bepergian. Karena bisnis jualan pulsa sangat fleksibel sehingga Anda bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun. Bahkan usaha ini sangat cocok dijadikan bisnis sampingan untuk karyawan atau para pegawai dimana mereka bisa menjual pulsa pada rekan-rekan kerja Anda.

Meskipun cara jualan pulsa terlihat mudah namun Anda juga harus berhati-hati untuk menghindari kesalahan. Walaupun kesalahan-kesalahan itu sepele namun jika terus menerus dilakukan maka usaha Anda akan semakin merugi. Ini tentu akan membuat usaha Anda gulung tikar, karena itu Anda harus mengelolanya dengan baik.